Ciri khusus dan cara membedakan lovebird jantan dan betina

Seperti yang sobat kicau mania ketahui, cara membedakan lovebird jantan dan betina termasuk pekerjaan yang  susah-susah gampang. Dibilang gampang untuk jenis-jenis tertentu tetapi susah untuk jenis yang lainnya, apalagi kalau umur lovebird masih anakan. Untuk membedakan jenis kelamin dari lovebird bisa digunakan beberapa metode dari metode yang sederhana sampai yang ilmiah.

ciri lovebird jantan siap kawin

Perbedaan Lovebird betina dan jantan bisa dengan sangat mudah di identifikasi, seperti yang sobat kicau mania tau membedakan jenis kelamin pada burung peliharaan kesayangan kita adalah langkah awal yang sangat penting sebelum kita mulai memelihara burung tersebut untuk dijadikan peliharaan. Hal ini menjadi penting untuk dimengerti oleh pecinta burung kicau sebelum memulai untuk menjatuhkan pilihanya pada salah satu burung yang nantinya akan menemani hari-hari sobat kicau mania. Masalah ini berlaku untuk semua jenis burung apapun, tahap permulaan kita dituntut untuk mengerti jenis kelamin pada burung target yang akan kita jadikan momongan, akan tetapi kali ini kami hanya akan membahas secara detail tentang  cara membedakan lovebird jantan dan betina saja.

Perbedaan Lovebird betina dan jantan

Berdasarkan bentuk dan fisiknya, tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin lovebird (dan burung lainya secara umum) dapat dibedakan 3 golongan lovebird. Ketiga golongan tersebut adalah :

  • kelompok dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dapats dibedakan),
  • kelompok lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten), dan
  • kelompok intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dibedakan dari penampilan burung).

Namun secara umum pada banyak jenis lovebird relatif cukup mudah untuk dibedakan jenis kelaminnya dengan melihat bentuk fisiknya.

Untuk kelompok lovebird dimorfik seperti lovebird muka merah (Agapornis pullaria),lovebird abisinia (Agapornis taranta), dan lovebird madagaskar (Agapornis cana)  jelas mudah untuk dibedakan antara jenis kelamin betina dan jantan.

Sementara itu di kelompok lovebird black collared (Agapornis swinderniana), untuk betina dan jantan sangat sulit dibedakan dan tampak serupa dalam penampilan fisiknya, meski pada umumnya lovebird betina mempunyai warna bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang bagaimana pembeda jenis kelamin betina dan jantan pada empat jenis lovebird yang termasuk dalam golongan lovebird kacamata? Perlu anda ketahui 4 jenis lovebird kacamata itu ialah:

  • lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis),
  • lovebird topeng (Agapornis personata) dan
  • lovebird fischer (Agapornis ficheri).
  • lovebird nyasa (Agapornis lilianae),

Untuk keempat jenis lovebird golongan kacamata itu relatif cukup sulit dibedakan antara betina  dan jantan. Meskipun demikian ada sedikit perbedaan berat badan antara betina dan jantannya. Satu keunikan dari burung lovebird kelompok kacamata adalah pada saat menjelang musim berkembangbiak burung betina akan membawa bahan sarang di bulu punggung bagian bawah bulu tunggir .

Ciri burung lovebird jantan dan betina

Seperti pembahasan dan judul diatas, berikut ini ada beberapa perbedaan yang bisa dijadikan acuan (observasi  perbandingan melalui pengamatan) antara lovebird betina dan jantan pada golongan lovebird kacamata.

Banyak sebutan yang beredar di kalangan para kicau mania khususnya para pecinta dan pemain burung lovebird salah satunya sebutan LOVEBIRD LUNA yang artinya Lovebird dengan jenis kelamin betina dan LOVEBIRD ARIEL yang artinya lovebird dengan jenis kelamin Jantan.

Inilah beberapa Ciri burung lovebird kacamata jantan dan betina berdasar bentuk tubuh dan fisik.

Ciri-ciri umum burung lovebird kacamata berjenis kelamin jantan (ARIEL) :

  1. Ekor berbentuk “V”. ciri lovebird jantan birahi
  2. Ngekek relatif lebih pendek.
  3. Kepala secara umum lebih kecil dan bulat tetapi rata (bahasa Jawa: papak) di bagian atas.
  4. Paruh umumnya lebih kecil dan relatif kering. paruh lovebird betina
  5. Bodi secara umum berukuran lebih kecil di kelompok sejenisnya.
  6. Supit urang lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor (Bahasa Jawa: brutu).
  7. Waktu sedang bertengger kaki lebih rapat.
  8. Saat dipegang, bodi lovebird kacamata jantan terkesan tidak berisi atau ramping /enteng.
  9. Waktu birahi bertingkahlaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruhnya).
  10. Perilaku lebih gesit dan agresif.

Ciri-ciri umum burung lovebird kacamata berjenis kelamin betina ( LUNA):

  1. Ekor berbentuk “U”. perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi
  2. Ngekek relatif lebih panjang dibanding jantan.
  3. Kepala secara umum lebih besar dan menonjol/ menjorok ke atas.
  4. Paruh relatif lebih besar dan relatif basah.
  5. Bodi secara umum berukuran besar di kelompok sejenisnya.
  6. Supit urang (tulang pubis) lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
  7. Waktu sedang bertengger jarak dua kaki melebar ( lebih lebar dari Lovebird jantan).
  8. Saat dipegang, bodi lovebird kacamata betina terkesan berisi atau  bulat / berbobot.
  9. Waktu sedang birahi berperilaku membuka-buka sayapnya  “menggaruda”.
  10. Perilakunya lebih tenang dan terkesan agak malas-malasan

Salah satu ciri diatas yaitu Lovebird betina atau LUNA bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan. lovebird jantan atau betina yang lebih gacorDengan melihat ciri-ciri tersebut, khususnya perilaku secara umum, maka lovebird yang cocok dan bagus untuk dibawa ke lapangan atau arena lomba, sudah barang tentu jenis burung lovebird dengan kelamin betina.

Cara tersebut diatas banyak dipakai oleh para pemain dan penangkar burung professional, karena cara membedakan lovebird jantan dan betina dianggap sebgai cara yang paling tepat dan tingkat akurasinya mencapai 95%.

Tetapi sekali lagi, perlu diingat semua itu butuh perbandingan agar bisa membedakan  lovebird jantan dan betina. Dan semua itu adalah ukuran-ukuran relatif atau pada umumnya, yang tentu saja, tidak semua orang bisa membedakan secara tepat dan pasti karena semuanya juga tergantung pada jam terbang masing-masing pecincinta burung alias pengalaman anda dalam mengenal berbagai variant burung lovebird.

Oh ya ada sedikit tambahan ada cara lain untuk membedakan jenis kelamin pada lovebird jantan dan betina yang tingkat akurasinya mendekati 100% yaitu dengan melakukan tes DNA, Tes ini bisa didapatkan dari bulu, kuku atau darah burung lovebird, Setelah DNA dicampur dengan larutan khusus dan beberapa proses selanjutnya, hasilnya akan dipotret dengan kamera Polaroid. Nah jika dalam hasil foto tersebut terlihat hanya satu pita, maka lovebird itu bisa dipastikan berkelamin jantan namun jika terlihat ada dua pita maka lovebird tersebut bisa dipastikan berjenis kelamin betina. Akan tetapi cara kedua ini sangat jarang dan bahkan tidak pernah digunakan oleh para kicaumania atau penangkar burung.

Semoga bermanfaat salam MrKicau.

Add Comment