Jurus jitu Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Mungkin bagi sebagian kicau mania yang sudah melalang buana dalam dunia perkicauan pastinya sedikt banyak tahu cara membedakan cucak ijo yang mempunyai kelamin jantan dan betina, Namun mungkin ada juga yang masih baru dalam dunia perkicauan yang belum tahu cara membedakan jenis kelamin dari burung cucak ijo tersebut, mungkin ada yang tahu baru satu atau dua ciri cucak ijo atau bahkan awam dan asing untuk membedakan jenis kelamin cucak ijo , apalagi jika cucak ijo masih tergolong dalam usia anakan atau  muda dan masih dalam kondisi trotolan bahan.

cucak ijo betina

Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara membedakan cucak ijo trotolan jantan dan betina, semoga bisa membatu dan menambah pengetahuan anda mengenai dunia kicau mania.

Sekilas tentang Cucak Ijo bakalan dan dewasa

Burung yang mempunyai nama ilmiah Chloropsis sonnerati  Cucak ijo dalam bahasa asing dikenal juga dengan nama Greater green leafbird. Burung ini termasuk dalam suku Chloropseidae ini, burung cucak ijo memang sudah tidak asing lagi di telinga para kicau mania. Selain terkenal dengan nama cucak ijo, burung yang mempunyai struktur tubuh gempal ini ada sebagian orang menamai burung ini dengan nama burung daun , murai daun dan cica daun, dalam hal ini mungkin di karenakan bulu tubuhnya yang lebih dominan dengan motif berwarna hijau menyerupai warna dari daun.

ciri cucak ijo jantan

Untuk ukuran tubuhnya, bisa mencapai panjang kurang lebih 22 cm bila diukur dari ujung paruh sampai dengan ujung ekor. Unggas jenis ini menyebar di beberapa pulau di indonesia seperti Sumatra, Semenanjung Malaya , Jawa, Bali, dan Kalimantan khususnya pulau Natuna. Habitat asli dari burung berbulu hijau ini biasanya yaitu di daerah perbukitan dan hutan dataran rendah yang mempunyai ketinggian tidak lebih dari 1000 meter DPL (di atas permukaan air laut). Di habitat aslinya satwa unggas yang satu ini mempunyai menu makanan berupa aneka buah-buahan segar  dan serangga-serangga kecil.

Sedangkan Untuk popularitas burung yang apabila sudah gacor kebanyakan akan ngentrok dan ngotot ini di kalangan para penghobi burung ocehan terbilang cukup banyak peminatnya. Meskipun harganya yang tergolong cukup tinggi, burung yang satu ini tetap menjadi salah satu burung idola dan idaman para kicau mania, baik yang akan ditargetkan sebagai burung rumahan atau yang lebih menariknya lagi untuk dijadikan kontestan dalam ajang lomba burung gantangan.

Trotolan Cucak Ijo Jantan

Di dalam proses perawatan burung ocehan ada beberapa tahapan yang umumnya dilakukan oleh para penghobi burung. Nah Salah satunya yaitu faktor terpenting dalam menentukan bakal burung andalan kita faktor tersebut yaitu jenis kelamin dari burung cucak ijo tersebut atau lebih spesifiknya burung tersebut mempunyai jenis kelamin jantan atau betina. Oleh sebab itu kita harus bisa bedakan burung cucak ijo Baik itu yang masih trotolan maupun yang sudah dewasa.

Pengetahuan kita mengenai cara membedakan burung cucak ijo berjenis kelamin jantan atau betina ini sangat penting agar tidak menyesal dikemudian hari saat sudah lama dipelihara ehhh… tau tauu cucak ijo kita berjenis kelamin betina. Karena biasanya burung yang lebih banyak diminati untuk burung ocehan yaitu jenis cucak ijo yang mempunyai kelamin jantan, kecuali untuk jenis burung-burung tertentu seperti lovebird, karena burung lovebird tersebut yang lebih gacor atau cerewet yang mempunyai julukan LUNA istilah dalam dunia perkicauan atau bisa diartikan lovebird dengan kelamin betina. Cucak ijo jantan banyak dipilih karena kualitas volume lebih kencang, rajin bunyi atau gacor serta variasi isian suara yang lebih banyak dibandingkan dengan cucak ijo betina.

BACA JUGA :Cara cepat membedakan jenis kelamin Anis merah…

Membedakan trotolan pada cucak ijo jantan dan betina terbilang cukup sulit, soalnya ciri-ciri pada trotolan cucak ijo jantan dan betina pada usia muda belum terlihat dengan cukup jelas.Hal ini dipengaruhi juga karena cucak ijo jantan dan betina yang masih dalam kondisi bakalan mempunyai postur tubuh yang hampir sama. Suara ocehanya nya pun bisa dipastikan mirip karena secara logika usia burung muda pasti baru bisa ngeriwik saja atu bahasa umumnya mengeluarkan suara yang belum sempurna atau tergolong masih halus.

Beda Trotolan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Untuk membedakan bakalan atau trotolan cucak ijo betina dan jantan perlu ketelitian yang extra karena jika anda hanya membandingkan dari satu ciri saja biasanya kurang akurat hasilnya dan masih meragukan. Ada beberapa ciri khusus yang biasanya dijadikan patokan oleh para penghobi burung untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina yaitu biasanya dilihat dari karakter (tingkah laku), postur, suara dan fisiknya

Lain halnya jika cucak ijo jantan dan betina sudah dalam usia dewasa, kita bisa membedakannya dengan melihat warna bagian bawah paruh atau bagian dagu dari cucak ijo tersebut. Jika anda lihat di bagian bawah dagu atau paruhnya berwarna kekuningan (kuning janur) bisa kita ambil kesimpulan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina. Akan tetapi jika bulu di bagian bawah dagu atau paruhnya berwarna hitam pekat bisa disimpulkan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin jantan.

ciri2 cucak ijo jantan

Ciri-ciri umum pada burung jenis ini, biasanya memiliki bulu tubuh, ekor dan sayap yang di dominasi dengan warna hijau terang menyerupai daun yang masih muda. Tanda-tanda dari burung cucak ijo lakian, bisa dilihat dari bagian pipinya dan tenggorokan yang berwarna hitam tegas dan mengkilap. Sedangkan untuk burung yang cucak ijo betina, biasanya ditandai dengan warna kuning muda yang terdapat pada bulu di bagian lingkaran mata dan pada bagian tenggorokan. Yang membedakannya yaitu bulu kuning pada lingkar mata cucak ijo pejantan akan terlihat lebih kelam dan tegas dibandingkan dengan cucak ijo betina yang warna kuningnya akan terlihat lebih kusam.

BACA JUGA : Kamus gaul KICAU MANIA…

Beberapa kali saya pernah menerapkan ciri umum diatas akan teteapi banyak kesulitan atau masih rancu mengenai perbedaan cucak ijo trotol jantan dan betina seperti contoh kasus berikut ini , Banyak yang mengatakan lingkar mata yang kuning tegas merupakan ciri umum cucak ijo trotolan pejantan tetapi setelah saya praktekan dan saya amati sendiri  kok semua lingkar matanya kuning tegas.. hehee.. apa saya yang kurang teliti??  Paruh bawah berwarna lebih gelap merupakan trotolan jantan.. Apa iya? wah memang cukup sulit sekali untuk membedakan cucak ijo jantan dan betinanya , dibutuhkan jam terbang lebih dan pengalaman pribadi nampaknya. Sedikit saran dari saya pribadi bagi anda yang memang belum mahir menentukan perbedaan cucak ijo jantan dan betina , belilah cucak ijo yang sudah keluar trotol hitamnya saja walaupun harganya berbeda dengan bakalan yang belum keluar trotolannya akan tetapi anda tidak beresiko  dan lebih yakin bahwa cucak ijo tesebut memang berjenis kelamin jantan.

 

Berikut ada beberapa referensi ciri khusus dan umum yang telah kita ringkas dari berbagai sumber yang bisa anda jadikan patokan untuk membedakan jantan dan betina trotolan cucak ijo :

Ciri-ciri Cucak Ijo Jantan

  • Jika anda amati pupil mata cucak ijo jantan akan terlihat jernih dan hitam.
  • Cenderung garis lingkar mata cucak ijo jantan kuning yang lebih tegas atau pekat.ciri ciri cucak ijo jantan yang masih muda
  • Dalam kondisi masih bakalan atau anakan cucak ijo jantan paruhnya berwarna cokelat kusam dan gelap.ciri ciri cucak ijo betina
  • Tulang supit cucak ijo jantan lebih keras dengan jarak sisi-sisi yang rapat.
  • Jika kulit kaki sudah menyisik maka akan ada bintik-bintik hitam.

Ciri-ciri Cucak Ijo Betina

  • Perhatikan Pupil mata Cucak Ijo Betina kebanyakan berwarna coklat.
  • Lingkar mata Cucak Ijo Betina biasanya berwarna kusam dan warna kuningnya agak pudar dan memutih.ciri ciri cucak ijo jantan yg masih anakan
  • Saat masih anakan Cucak Ijo Betina di bagian paruh terlihat berwarna kusam atau putih.ciri cucak ijo betina dewasa
  • Supit urang Cucak Ijo Betina lebih lembek dengan jarak antara kedua sisi-sisi yang renggang.
  • Kebalikan dari Cucak Ijo jantan, kulit kaki Cucak Ijo Betina jika sudah menyisik maka tidak terdapat trotolan hitam.

Cara membedakan cucak ijo trotolan dari paruhnya

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

ciri khusus cucak ijo jantan

Di kalangan Kicau mania sebagian para pemain burung biasanya untuk membedakan jenis kelamin pada burung cucak ijo yang paling gampang adalah dengan cara mengamati bentuk tubuhnya dan dagu saja sudah cukup. Ciri khusus burung cucak ijo berjenis kelamin jantan memiliki postur tubuh yang gagah dan ukurannya lebih besar akan tetapi lebih pendek. Selain itu, dagu sang pejantan terdapat jelas bulu yang berwarna hitam pekat. Sedangkan untuk cucak ijo yang berkelamin betina, tubuhnya cenderung lebih ramping dan ukurannya relatif lebih panjang. Nah dibagian dagu cucak ijo betina, warnanya tidak hitam melainkan kuning kehijauan.

Dengan beberapa ringkasan ciri-ciri umum dan khusus burung cucak ijo jantan dan betina diatas semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan anda tentang cara membedakan cucak ijo bakalan jantan dan betina.

Jika ada yang salah atau ada tambahan lagi berdasarkan pengalaman sobat kicau mania silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah artikel ini , terima kasih…

Salam Mr Kicau…..

9 thoughts on “Jurus jitu Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

  1. Memang agak sulit menentukan secara fisik cucak ijo trotol jantan atau betina, saya pribadi sudah beberapa kali keliru, padahal syarat2 sudah benar dan hasilnya cucak ijo betina jadinya.

    Paruh bawah berwarna coklat gelap dan lancip, lingkar mata berwarna kuning pekat, warna dagu bawah kuning pekat dan ada bintik2 hitam di kaki, body ramping dan panjang.
    Tapi hasilnya cucak ijo trotol setelah dipelihara beberapa bulan berubah menjadi cucak ijo betina.

    Saya rasa ciri2 fisik yang saya sebutkan tidak pasti menunjukkan cucak ijo trotol jantan, karena beberapa kali saya buktikan ternyata jadinya betina.

    Lebih aman nya, beli aja cucak ijo yang sudah full nopeng, biar jelas dan pasti.

  2. Pingback: Cara setting murai batu khusus Lomba - Mr Kicau

Add Comment